Tuesday, February 8, 2011

PENDIDIKAN YANG MEMANUSIAKAN

Pengalaman Pertamaku

Minggu ini adalah pertama kalinya saya pergi ke Sanggar Anak Akar sebagai anggota JANGKAR. Saya pergi ke Sanggar bersama dengan 6 anggota JANGKAR lainnya dan 2 guru pendamping. Perjalanan kami tempuh dari halte SGU sampai ke daerah UKI menggunakan bus lalu dilanjutkan menggunakan angkot untuk menuju Sanggar. Sampai Sanggar kami dibagi menjadi 2 kelompok, saya pergi ke Halim bersama 3 teman dan 1 guru pendamping, sedangkan ketiga teman saya dan guru pendamping lainnya pergi ke Penas. Perjalanan dari Sanggar ke Halim tidak terlalu jauh, kami hanya perlu berjalan kaki saja. Perasaan saya sebelum pergi ke Sanggar adalah gugup dan takut tidak dapat berbaur dengan anak-anak di sana, takut juga apabila keterampilan yang kami buat tidak menarik. Namun, setelah sampai di Halim dan mulai berinteraksi dengan anak-anak dan teman-teman yang ada di sana, ketakutan saya pun berubah menjadi sebuah perasaan nyaman dan enjoy. Kegiatan kami mulai dengan mengajak teman-teman di Halim bernyanyi, lalu kami lanjutkan dengan kegiatan keterampilan yang telah kami rancang, yaitu membuat kartu valentine untuk teman atau orangtua mereka. Teman-teman di Halim sangat antusias sekali dalam membuat kartu, mereka juga sangat kreatif dalam menghias kartu-kartu tersebut. Bukan itu saja, mereka terlihat sangat bergermbira dalam menjalanin rangkaian kegiatan yang kami rencanakan. Kami juga mengajari mereka membuat keterampilan dari origami dan kami membiarkan mereka mengekspresikan diri mereka melalui keterampilan tersebut. Memang, ada juga yang tidak mebuat kartu karena asik bermain dengan kertas origami. Namun, menurut saya itu bukan masalah karena mereka pun senang dalam melakukannya, yang penting mereka senang dan tidak malu-malu dengan kami. Kami juga mendengar cerita-cerita dari teman-teman di Halim dan kami juga membagikan cerita-cerita kami kepada mereka. Kegiatan pada hari ini berlangsung sangat baik dan membahagiakan. Saya sebagai pribadi pun puas karena dapat membahagiakan teman-teman di Halim serta dapat memberikan waktu saya untuk mereka. Saya belajar untuk berbaur dan belajar untuk sabar ketika berinteraksi dengan teman-teman di sana. Saya senang sekali melihat mereka senang. Untuk itu saya ingin kembali lagi untuk memberikan waktu luang saya untuk bermain-main dan bersenang-senang bersama teman-teman di Halim.
By Olin

No comments:

Post a Comment