Monday, June 8, 2009

sample of action research

Pada setiap pemakaian software Pesona Fisika dalam proses pembelaran Fisika, sering kali siswa berkomentar mengenai gambar riil seperti gaya-gaya yang berkerja pada helikopter ketika belajar tentang vektor. Hal ini menunjukkan bahwa siswa merespon positif dan mulai tertarik dengan pelajaran Fisika. Tahun ajaran 2005-2006, peneliti mengajar Fisika di kelas I. Selesai pelajaran ada siswa mendekati saya dan dengan muka yang serius ia berkata:”Pak, kapan kita belajar Fisika lagi ?”. Saya agak terkejut mendengar pertanyaan ini. Sambil berlalu, saya mencoba untuk merekonstruksi kembali aktivitas belajar yang baru saja terjadi sembari mengingat aktivitas siswa yang tadi bertanya.
Timbul dalam benak peneliti, mungkinkah media ini dapat menimbulkan ketertarikan siswa terhadap pelajaran Fisika? Mungkinkah media ini dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar Fisika? Kalau mungkin, bagaimana dampak selanjutnya terhadap prestasi siswa dalam belajar Fisika? Pertanyaan-pertanyaan itu menghinggapi pikiran peneliti sehingga peneliti juga termotivasi untuk mengajar Fisika dan bertemu dengan siswa-siswa yang antusias dalam belajar Fisika.
Dalam penelitian ini beberapa landasan teori dipakai untuk memahami permasalahan yang diteliti secara lebih mendalam dan holistik sehingga wawasan tentang media interaktif yang berdampak terhadap rasa ketertarikan, motivasi dan prestasi belajar Fisika dapat dipahami dan dimaknai dengan lebih baik Landasan teori yang berhubungan dengan penelitian ini antara lain : Efektivitas pembelajaran (Mc Keachie,W.J., Lin,Y., and Mann,W), Media (Bovee), Software Pesona Fisika (http://www.pesonaedu.com/), Hasil belajar Fisika (I Wayan Santyasa0, Implikasi Konstruktivisme terhadap proses belajar (Paul Suparno), motivasi (Suciati dan Winkel), serta beberapa hasil Penelitian relevan yang pernah diteliti oleh orang lain.
Disain penelitian yang dipakai merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksperimen pembelajaran (teaching experiment methodology). Pengukuran dilakukan dengan menyebarkan kuesioner, melakukan wawancara dan observasi serta melakukan studi dokumen kepada kepada 4 orang siswa sebagai subyek penelitian yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IC SMA Santa Ursula BSD tahun ajaran 2005-2006. Dalam setiap pelajaran Fisika mereka mendapat pelajaran Fisika dengan memakai media software Pesona Fisika selama satu semester yang diamati selama 9 kali pertemuan. Data diolah dengan menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif melalui temuan yang disajikan dalam bentuk grafik dan tabel yang kemudian diuji validitas dan reliabilitasnya dengan metode triangulasi. Setelah itu, dilakukan analisis.

note, if you want to copy my reseach, please contact me, akuantum@gmail.com

No comments:

Post a Comment